Friday, October 12

Penyebab Komputer Hank (Must Readed)

Penyebab Komputer Hang sangat beragam atau bermacam-macam penyebabnya. Sebelum mengetahui penyebab-penyebab dari hangnya sebuah komputer, ada baiknya kita pahami arti sebenarnya dari komputer hang yang merupakan tidak responnya sebuah komputer pada saat pemakai (user) komputer yang bersangkutan memberikan perintah atau meminta sebuah perintah.
Di dalam artikel kali ini kita akan mempelajari Penyebab Komputer Hang, sebagai berikut:
1. VIRUS
Jika sebuah komputer terinfeksi virus akan membuat kerja komputer menjadi tidak stabil sepeti melambatnya respon komputer Anda, tidak dapat masuk ke Windows (operating system) yang Anda gunakan atau bahkan file-file penting Anda menjadi hilang.


Beberapa jenis virus menghapus boot sector di harddisk yang akhirnya Anda tidak dapat masuk ke sistem operasi (Windows) Anda. Jadi penting sekali bagi Anda untuk menyediakan Boot Startup disc karena membantu mengembalikan Boot Sector yang telah di hapus oleh virus. Cara untuk membersihkan Virus bisa Anda lihat di artikel Cara Menghapus Virus Dengan Removeit.
2. PERANGKAT LUNAK (software)
Penyebab komputer hang
kadang juga disebabkan oleh software-software yang terdapat di dalam komputer Anda. Mungkin saja software yang Anda pasang (instal / setup) di dalam komputer tidak kompatibel (cocok) dengan versi sistem operasi (Windows) yang Anda gunakan.
Hang yang terjadi dapat juga disebabkan salahnya cara penginstalan software (program). Solusinya adalah gunakan Registry Cleaner untuk membersihkan registry yang tidak digunakan lagi. Jika telah dilakukan dengan membersihkan register yang tidak terpakai dengan menggunakan software Registry Cleaner, maka jalan satu-satunya dengan cara menginstall ulang sistem operasi (Windows) Anda.
3. PRINTERS
Penyebab Komputer Hang yang ketiga disebabkan oleh proses mencetak file yang terlampau besar dengan menggunakan printer juga merupakan Penyebab Komputer Hang, karena printer hanya mempunyai sejumlah memori yang relatif kecil biasanya disebut buffer. Hal tersebut sering menyebabkan kelebihan beban di komputer Anda yang akan menyebabkan kinerja komputer Anda menjadi lambat bahkan sampai hang.

Jika mencetak karakter yang tidak dikenal maka kemungkinannya akan menyebabkan crash (hang) pada komputer. Cara termudah untuk mengatasi masalah printer ini adalah dengan menghilangkan Buffer pada memori printer terlebih dahulu dengan matikan printer dan setelah itu cabutlah kabel listrik (power) printer selama 10 detik. Setelah itu nyalahkan kembali printer Anda.
4. HARD DISK DRIVE
Hardisk yang terdapat di komputer Anda sangat mempengaruh terhadap kinerja komputer, karena dari sistem operasi (Windows), software-software (aplikasi-aplikasi) hingga data-data penting Anda tersimpan di sini. Jika dalam komputer Anda terdapat bad sector (sector yang rusak) dalam hardisk Anda, otomatis kinerja komputer Anda juga menjadi sangat lambat.

Sering Penyebab Komputer Hang yang disebabkan oleh hardisk dikarenakan data-data (file-file) di dalamnya terfragmentasi karena seiring waktu pemakaian. Cara untuk mengatasi hal ini adalah melakukan defragment hard disk minimal setiap bulan dengan aplikasi (program) yang terdapat di dalam Windows (sistem operasi) yang Anda gunakan.
5. Kipas pendingin tidak bekerja dengan maksimal
Di dalam komputer terdapat beberapa kipas, antara lain yang utama adalah kipas pendingin yang terdapat diatas processor atau CPU (central processing unit). Jika kipas pendingin yang terdapat di atas processor tidak bekerja dengan baik atau macet maka akan timbul panas yang berlebihan yang menyebabkan kinerja komputer menjadi melambat, komputer sering restart bahkan komputer menjadi hang.

Solusi yang terbaik adalah dengan membersihkan kipasnya, jika setelah dibersihkan tetap tidak bisa maka kami sarankan untuk mengganti dengan kipas yang baru. Sangat kami sarankan untuk memasang (menambah) beberapa kipas pendingin ukuran 9 atau 12 cm yang di letakkan di depan hardisk dan yang satunya lagi letakkan di bagian belakang casing (case) komputer Anda yang berfungsi untuk mengeluarkan (membuang) udara panas didalamnya.
6. POWER SUPPLY bermasalah
Penyebab komputer hang yang terakhir adalah masalah pada power supply. Komponen power supply ini merupakan salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya karena berfungsi untuk memasok listrik ke komputer Anda. Jika power supply Anda tidak berfungsi atau mengalami kerusakan maka dapat menyebabkan hang pada komputer.

Gunakan UPS untuk berjaga-jaga jika terjadi listrik padam atau pemadaman listrik, maka komputer Anda masih menyalah sehingga sistem operasi Anda dan hardisk tidak mudah rusak.
Semoga artikel mengenai penyebab komputer hang dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Kata Kunci Terkait:

cara menghilangkan virus hang, cara kerja dan fungsi UBCD4win, penjelasan dari hangnya komputer dan penyebabnya juga, penyebab computer hang terus mau masu windows\, penyebab hang pada netbook, penyebab hangnya laptop, penyebab kipas laptop tidak bekerja maksimal, penyebab komputer hang karena printer, penyebab printer hang, penyebab sistem operasi hang

No comments:

Post a Comment

kalo kamoe-kamoe tertarik, kasih dong komentar....

Iklan

INFO TAGIHAN TELPHON

INFO TAGIHAN TELPHON
Anda ingin mencari tau berapa tagihan telphon anda, bisa klick gambar diatas..