Thursday, April 19

PROPOSAL PEMBANGUNAN TERAS MENGAJI


Teras Mengaji

BIMBINGAN BELAJAR AL QUR’AN
(BBQ) ALKAHFI
KOTA METRO



























 “Menyiapkan Anak Sholeh, Cerdas, Sehat dan Peduli Lingkungan”

Jl. Dahlia Timur No. 1 RT. 44 Rw. 8 Kel. Metro Kec. Metro Pusat Kota Metro. 085268777520/085788190045


 
 

LATAR BELAKANG



Akselerasi pertumbuhan sosio kultural dilingkungan di Kota Metro pada umumnya mengalami dinamika pertumbuhan yang sangat tinggi. Dinamika ini telah memacu kompleksitas kompetisi kehidupan, baik dari aspek internal umat, maupun kompetisi dalam aspek eksternal terkait dengan perkembangan atmosfir sosial budaya yang terus berkembang di lingkungan Metro dan sekitarnya. Perkembangan ini harus disambut secara positif dengan upaya-upaya meningkatkan kualitas diri baik secara individu maupun kolektif, dengan senantiasa memperhatikan keharmonisan lingkungan, secara terus menerus dan berkesinambungan. Dan sudah barang tentu upaya-upaya tersebut perlu ditunjang dengan meningkatkan sarana prasarana social yang representative serta memiliki keunggulan komparatif maupun kompetitif.

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat inilah, BBQ ALKAHFI  selalu berbenah dalam rangka turut serta dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat madany (community bassed development) yang rahmatan lil alamin, dengan mengoptimalkan Rumah sederhana yang kami miliki sebagi pusat layanan pembinaan kemasyarakatan (habluminan nas) disamping layanan pembinaan keagamaan (Habluminallah). Sehingga BBQ ALKAHFI diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsinya terutama dalam dua (2) dimensi utama yakni secara vertikal (Habluminallah), dan sekaligus memiliki peran dan fungsi dalam dimensi horisontal (hablumminanaas / amal solih).

Dalam kontek kemasyarakatan BBQ ALKAHFI yang berada di RW 8 RT 44 Kel. Metro Kota Metro, dihadapkan pada tantangan kondisi masyarakat yang multikultural, baik ditinjau dari latarbelakang asal kedaerahan, latarbelakang pendidikan dan latarbelakang ekonomi. Kondisi semacam ini tentunya memerlukan kekuatan perekat yang mampu mengkonsolidasi potensi umat sekaligus sebagai akselerator dalam dinamika social yang positif, produktif dan konstruktif, sehingga segenap potensi umat dapat digali dan dikembangkan dalam budaya madany yang progresif.

Dalam hal inilah pendidikan menjadi salah satu kunci utama, sebagaimana disampaikan para ahli pemberdayaan masyarakat adalah sebuah proses pembelajaran yang terus-menerus, dan proses pembelajaran itu memerlukan bekal pendidikan yang cukup agar masyarakat memiliki kemampuan nalar yang responsive dan arif dalam menapaki tantangan kehidupan.
Maka sangatlah wajar sehingga agama juga menganjurkan pendidikan (menuntut ilmu) itu sebuah kewajiban yang hendaknya dimulai sejak dini dan terusmenerus (minal mahdi ilal lahdi/dari buaian hingga liang lahat) dan agama juga menganjurkan belajar sejak dini itu akan mudah tertanam dan tidak mudah luntur (belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu / tertanam dengan kuat, belajar sesudah dewasa bagai mengukir di atas air / mudah luntur).

Atas dasar kebutuhan masyarakat inilah Teras Mengaji BBQ ALKAHFI direncanakan direnovasi, untuk memberikan peningkatan layanan sarana prasarana pendidikan dasar agama bagi anak-anak dilingkungan Kota Metro dan sekitarnya, yang diharapkan nantinya dapat tersemai Generasi yang Sholeh, Cerdas, Sehat dan Peduli Lingkungan.
Terlebih jika dikaitkan dengan ajaran Agama bahwa amal yang tidak terputus pahalanya itu ada tiga perkara, pertama amal jariah (membangun sarana atau system yang dapat dimanfaatkan terus menerus untuk kebajikan / sarana ibadah), yang ke dua Ilmu yang bermanfaat (pendidikan dengan ilmu yang menghasilkan amal sholeh), dan anak yang sholeh yang selalu mendoakan orang tua. Sehingga semoga Pembangunan BBQ ALKAHFI ini dapat menjadi lahan amal bagi semua fihak, yang insyaAllah dalam satu kegiatan terkandung didalamnya ketiga keutamaan amal jariah yang tidak terputus.









 

TUJUAN


Adapun tujuan Umum dari Pembangunan Teras Mengaji BBQ AL KAHFI Kota Metro ini adalah : Memberikan sarana pendidikan dasar keagamaan yang representative untuk menyiapkan generasi yang Sholeh, Cerdas, Sehat dan peduli lingkungan dengan uraian sebagai berikut :
  1. Sholeh, memiliki integritas moral keagamaan yang baik dan kuat.
  2. Cerdas memiliki kemampuan konsolidasi dalam merespon kondisi secara cepat, cermat dan tepat.
  3. Sehat, memiliki ketangguhan fisik yang unggul.
  4. Peduli lingkungan, memiliki kesadaran diri sebagai khoeru ummah yang memiliki misi kerisalahan menuju rahmatan lil alamin.

Sedang Tujuan khusus dalam Pembangunan Tahap 1 ini adalah :
  1. Membuat teras berikut Lantainya yang digunakan sebagai tempat mengaji santri. 
 

BENTUK KEGIATAN


Kegiatan yang akan dilakukan terintegrasi dengan memanfaatkan halaman depan yang digunakan sebagai teras untuk di bentuk sedekian rupa sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam Pembinaan sebagai tempat mengaji, sehingga dapat diperoleh efesiensi dan efektivitas kegiatan.  

 

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN


Renovasi BBQ ALKAHFI ini diharapkan dapat terselesaikan dalam kurun waktu 1 Minggu, Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman rumah sekaligus tempat BBQ ALKAHFI melaksanakan kegiatan Mengaji.

 

KEPANITIAAN


Susunan kepanitiaan sebagaimana tertuang dalam lampiran.
 

ANGGARAN


Estimasi Anggaran yang dibutuhkan pada pembangunan Teras Mengaji BBQ ALKAHFI ini diperkirakan menelan biaya Rp.3.570.000,- dengan Perincian terlampir.

 

PENUTUP


Demikian proposal ini dibuat sebagai paparan dan gambaran kegiatan Pembangunan Teras Mengaji BBQ ALKAHFI.  Semoga dapat bermanfaat sebagai acuan kerjasama oleh semua fihak demi tercapai koordinasi, konsolidasi dan kerjasama yang sinergis guna kesuksessan kegiatan tersebut. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan banyak terima kasih.

 

 




                                                                                              




 

SUSUNAN PANITIA


 Pembangunan Teras Mengaji BBQ ALKAHFI



Penasehat                                 :           Sutopo ( ketua RT 44)
                                                            Tugiman

Penanggung Jawab                   :           Kepala BBQ ALKAHFI (AHMAD BAHTIAR)
Ketua Pelaksana                        :           M. Hafidzul F.

Sekretaris                                  :           Zeni Makhmud, S.Pd.

Bendahara/Dana                        :           Sarofi Bidayati

Bidang Perencanaan,
dan Pembangunan                    :           David VA Budinanto, Ahmad Madzkur, Pak Aman
                       
Bidang Pembantu Umum           :           Rosik, Handiko dan Ahmad Wasbir.

Jumlah Santri : 35 orng
Jumlah Guru: 3 orang

   




















ESTIMASI ANGGARAN DANA YANG DIBUTUHKAN

Untuk diketahui, bahwa teras Mengaji yang akan kami dirikan berukuran
5 x 9 m2

NO.
KEBUTUHAN
VOLUME
Harga Satuan
JUMLAH
1.
Pasir dan tanah
1 rit
Rp. 650.000,-
Rp. 650.000,-
2.
Semen 3 roda
10 sak
Rp. 60.000,-
Rp. 600.000,-
3.
Kayu balok sengon 6 x 12
10 batang
Rp. 50.000,-
Rp. 500.000,-
4.
Batu bata
2000 biji
Rp.  350.
Rp. 700.000,-
5.
Asbes 1 x 2,4
10 Lembar
Rp. 34.000,-
Rp. 340.000,-
6.
Asbes 1 x 2
10 Lembar
Rp. 27.000,-
Rp. 270.000,-
7.
1 orang Tenaga Tukang
6 hari kerja
Rp. 50.000,-
Rp. 300.000,-
8.
1 orang Tenaga kuli
6 hari kerja
Rp. 35.000,-
Rp. 210.000,-
9.
Karpet Ukuran 3x6 Meter
2 Gulung
Rp. 150.000,-
Rp. 300.000,-
Jumlah seluruh kebutuhan
Rp.3.870.000,-

FOTO-FOTO TEMPAT PEMBANGUNAN YANG AKAN DILAKSANAKAN




























LEMBAR PENGESAHAN
.
Proposal ini telah disetujui dan disahkan oleh :

Metro, 17 April 2012









Panitia Pembangunan,



M. HAFIDZUL F.
 

Kepala BBQ ALKAHFI
KOTA METRO


AHMAD BAHTIAR
.
 

 





































No comments:

Post a Comment

kalo kamoe-kamoe tertarik, kasih dong komentar....

Iklan

INFO TAGIHAN TELPHON

INFO TAGIHAN TELPHON
Anda ingin mencari tau berapa tagihan telphon anda, bisa klick gambar diatas..